Sabtu, 14 Mei 2011

Shortcut Keyboard di Windows 7

Windows 7 sudah di-launching pada tanggal 22 oktober lalu dan banyak sekali yang sudah menggunakannya saat ini. Untuk itu, postingan kali ini akan berbicara mengenai shortcut keyboard windows 7 yang akan banyak membantu pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dan cepat. Mungkin Windows 7 adalah operating system yang bisa dikatakan keyboard-friendly, karena tanpa harus menggunakan mouse, Anda sudah bisa melakukan docking jendela aplikasi, membuka aplikasi favorit Anda dengan cepat, dan masih banyak lagi. Satu yang mesti Anda lakukan adalah mengingat kombinasi tombolnya dan gunakan secara rutin hingga Anda terbiasa dan tidak lagi menggunakan ingatan Anda dalam melakukannya.

Pencarian Start-Menu: Tombol Windows
Ini adalah bawaan dari Vista, Anda cukup menekan tombol Windows untuk mengaktifkan menu start, dimana Anda bisa mengetikkan beberapa huruf dari nama program yang ingin Anda gunakan, setting control panel, Microsoft Word, atau apapun juga dan akhiri dengan menekan tombol Enter. Jadi kenapa harus menggunakan mouse?


Minimize (Hampir) Seluruh Jendela: Windows + Home
Kombinasi ini akan membuat seluruh jendela yang terbuka – kecuali yang sedang aktif – akan menjadi minimize dan akan kembali ke keadaan semula dengan menekan kombinasi tersebut sekali lagi.

Membuat seluruh jendela yang terbuka menjadi transparan: Windows + Spasi
Kombinasi keyboard ini sama dengan apabila Anda meletakkan pointer mouse pada tool transparency show desktop pada bagian pojok system tray taskbar. Hal ini sangat baik digunakan ketika Anda membutuhkan sesuatu yang ada pada bagian desktop namun tidak ingin me-minimize keseluruhan jendela yang terbuka. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows + Spasi (tombol windows jangan dilepas), maka seketika seluruh jendela yang terbuka menjadi transparan dan desktop Anda akan terlihat, bila ingin mengembalikan ke keadaan semula, lepaskan tombol Windows.

Membuka dengan cepat aplikasi yang ada pada Taskbar: Windows + (1 – 9)
Seperti yang kita ketahui bersama, pada Windows 7 Anda bisa meletakkan aplikasi yang sering Anda gunakan pada Taskbar dengan fitur “pin”. Namun apakah Anda juga tahu bahwa aplikasi yang ada pada Taskbar ini memiliki nomor urut sesuai letaknya pada Taskbar dan memiliki hubungan dengan tombol shortcut Windows?

Coba Anda tekan “Windows + 1?, maka aplikasi yang telah di pin pada urutan pertama (paling kiri dekat tombol Start Menu) akan dibuka, “Windows + 2? akan membuka aplikasi setelahnya, dan begitu seterusnya.

Dock Jendela Aktif: Windows + Panah Kiri atau Panah Kanan
Shortcut yang bagus bagi orang yang menggunakan monitor layar lebar, kombinasi ini melakukan docking pada jendela yang aktif ke setengah layar kiri atau setengah layar kanan(tergantung tombol arah mana yang Anda tekan), juga bisa maximize, restore dan minimize jendela.

Memperbesar Tampilan: Windows + (+)
Built-in Magnifier pada Windows 7 memungkinkan Anda untuk melakukan zoom dimanapun letak kursor Anda, cukup tekan tombol “Windows bersamaan dengan tombol +” untuk mengaktifkan magnifier dan memperbesar tampilan menjadi zoom level 200% atau lebih. Semakin banyak Anda menekan tombol “+”, maka zoom akan semakin besar. Anda dapat melakukan zoom out (memperkecil) dengan menekan tombol “Windows + (-)”.

Membuka Settingan Untuk Presentasi: Windows + P
Ini adalah shortcut yang sangat bagus digunakan bagi Anda yang sering melakukan presentasi bisnis atau pekerjaan dengan menggunakan laptop dan proyektor LCD. Dengan tombol “Windows + P” maka akan memunculkan panel pilihan untuk setting monitor. Klik “Duplicate” atau “Projector Only” untuk menampilkan presentasi Anda baik pada laptop dan LCD atau hanya proyektor LCD saja, atau pilihan “Extend” jika Anda ingin menggunakan dua monitor sehingga tampilannya menjadi ekstra besar.

Membuat Folder Baru: Ctrl + Shift + N
Lupakan cara lama untuk membuat folder baru. Pada Windows 7, yang Anda perlukan hanyalah menekan kombinasi tombol Ctrl-Shift-N, hal ini dapat Anda lakukan pada sembarang jendela explorer yang Anda inginkan, juga dapat dilakukan pada desktop. Setelah folder baru muncul, ketikkan namanya lalu akhiri dengan tombol “Enter”.

Related Post :



0 comments:

R