Sabtu, 14 Mei 2011

Upgrade OS Blackberry

Kali ini akan membicarakan tentang upgrade OS Blackberry Smartphone. Blackberry adalah gadget yang sangat laris pada saat ini, ada begitu banyak tipe blackberry yang dikeluarkan oleh pihak RIM, dari segi software pun ada begitu banyak yang ditawarkan kepada pihak user/pengguna.

Saya sendiri adalah pengguna Blackberry yang kira-kira sudah sekitar 2 tahun ini memanfaatkannya untuk berinteraksi dengan rekan atau kolega. Namun baru belakangan ini saja Saya meng-upgrade OS Blackberry yang sebelumnya masih menggunakan OS 4.x.x.x. Upgarde OS Blackberry Smarthpone yang Saya miliki sendiri sebenarnya disebabkan oleh keinginan teman Saya untuk meng-upgrade OS Blackberry dia, waktu dia telpon Saya belum pernah sekalipun melakukan upgrade, sehingga Saya sarankan untuk upgrade OS Blackberry miliknya pada counter HP.


Berawal dari hal itu, Saya coba untuk melakukan upgrade OS Blackberry Curve 8520 milik Saya, jadi kalau ada yang minta untuk upgrade Blackberry OS bisa segera Saya lakukan. Ternyata caranya sangat gampang, untuk panduan agar tidak terjadi kesalahan Saya cari di om Google, dan Saya dapatkan panduan langkah per langkah yang cukup baik untuk diikuti, yaitu dari situs Berryindo.com.

Langkah-langkah untuk Upgrade OS Blackberry Smartphone adalah sebagai berikut:
1. Siapkan OS terbaru yang akan diupgrade, blackberry desktop manager, dan laptop atau PC.
2. Download OS dari website Blackberry Firmware atau category Blackberry OS Firmware ke PC Anda. (PENTING: Download OS ke PC, dan instalasi OS melalui PC (Desktop Manager).
3. Setelah Download, klik dua kali file OS tersebut untuk meng-install OS ke PC yang nantinya digunakan untuk upgrade OS Blackberry Smartphone. Setelah itu Restart PC Anda.
4. Hapus file vendor.xml di C > Program Files > Common Files > Research in Motion > AppLoader.
5. Matikan jaringan internet Anda (optional).
6. Aktifkan Blackberry Desktop Manager dan hubungkan Blackberry Anda ke PC atau laptop dengan menggunakan kabel data.
7. Backup data handheld Blackberry ke PC atau laptop dengan Blackberry Desktop Manager.
8. Desktop Manager akan melakukan deteksi otomatis untuk sinkronisasi data, lalu akan melakukan check for updates, dan akan muncul OS versi terbaru, ikuti petunjuk yang muncul. (Kalau tidak terdeteksi, reset lagi PC dan reset desktop manager).
9. Kalau desktop manager masih belum mendeteksi OS terbaru, tutup desktop manager dan masuk ke lokasi hapus vendor.xml, klik loader.exe dan ikuti petunjuk yang muncul.
10. Tunggu benar-benar nyala dan booting sampai dengan home screen, jangan cabut kabel atau menggoyang kabel data.
11. Setelah OS berhasil di-upgrade, Anda harus melakukan setting ulang seperti time, email, dll.

PERHATIAN : Tidak semua upgrade OS yang tak resmi berhasil

Related Post :



0 comments:

R